Desa Karangrejo Gelar Rembug Stunting untuk Cegah Gagal Tumbuh pada Anak

  • Apr 16, 2024
  • Ahmad Jafar

Arusutama.com – Desa Karangrejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak menggelar kegiatan Rembug Stunting Pencegahan dan Penanganan Stunting 2024 di Aula Balaidesa Karangrejo, Kamis (8/2/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang bahaya stunting bagi anak-anak.

Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar. Stunting dapat berdampak buruk bagi kesehatan, perkembangan kognitif, dan produktivitas anak di masa depan.

Sekretaris Camat Bonang, Rifqi mengatakan, stunting adalah salah satu permasalahan kesehatan gizi yang cukup tinggi menimpa warga Demak beberapa tahun lalu, naun sekarang sudah turun. Menurut data, pada 2022 angka stunting di Kabupaten Demak menurut Survei Status Gizi Indonesia (SSGBI) jauh lebih rendah dari angka nasional dan Jawa Tengah. Tercatat angka stunting di tingkat nasional 21,6, Jawa Tengah 20,8, sementara Demak 16,2.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih memahami apa itu stunting, penyebab, dampak, dan cara pencegahannya. Kami juga mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam menangani masalah stunting di Desa Karangrejo khususnya dan di Kabupaten Demak pada umumnya,” ujar Rifqi.

 

Sementara itu, Perangkat Desa Karangrejo, Wahid Ulin Nuha mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi dan rembug bareng terkait stunting. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya ibu hamil, ibu menyusui, dan orang tua balita.

“Kami ingin masyarakat lebih peduli dengan kesehatan dan gizi anak-anak mereka. Kami juga ingin mendorong pemberian ASI eksklusif, MPASI yang sehat dan bergizi, imunisasi, dan pemeriksaan kesehatan anak secara rutin. Kami berkomitmen untuk mewujudkan Desa Karangrejo yang bebas dari stunting,” kata Ulin.

 

Kegiatan Rembug Stunting ini dihadiri oleh sekitar 50 orang, yang terdiri dari warga Desa Karangrejo, Kepala Desa Karangrejo, Bidan Desa, Ketua BPD, Kader posyandu, Perangkat Desa dan beberapa tokoh masyarakat. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari pihak kesehatan, yang memberikan materi tentang stunting dan cara pencegahannya. (Sam)